Cireng ala Putri

Beberapa waktu yang lalu saya beli cireng yang dijual kemasan seharga 15ribu rupiah. Di dalamnya berisi 10 cireng ukuran kepalan tangan anak bayi dan satu plastik kecil sambal rujak. Murah sih, tapi karena pemesanannya butuh waktu berhari-hari bikin saya gak sabaran. Jadinya saya punya inisiatif untuk bikin sendiri.

Voila!

IMG_20170409_123909_693

Rasanya bukan yang uwenaaaak banget. Lumayanlah, nilainya 7 dari 10. Kalo dimakan selagi hangat bikin nagih, tapi pas udah dingin gimana? yah masih nagihin lah, karena sambalnya maknyus.. hahaha..

Yaudah, karena saya gak mau pelit ilmu. Ini saya mau bagi tips membuat cireng ala Putri 🙂

Sediakan bahan cireng :
250 gram tepung tapioka
air hangat secukupnya
bawang putih sekitar 3 siung, haluskan
seledri 1 batang, diiris halus
garam, merica bubuk dan penyedap rasa secukupnya

Bahan sambal :
kacang tanah sejumput
cabe rawit sesuai selera
gula merah 100 gram
2 sdm air asam jawa
garam dan air hangat secukupnya

Cara membuatnya:
Campur semua bahan cireng sampai menjadi adonan yang kalis
Bentuk sesuai selera, lalu goreng hingga kecoklatan
Untuk sambalnya, haluskan semua bahan (kecuali air hangat). Setelah dirasa cukup halus, tambahkan air hangat secukupnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s